Tutup TMMD Ke-105, Pangdam I/BB Minta Kemanunggalan TNI-Rakyat Tetap Dipertahankan

0
489

LABUHANBATU, issu.com – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di Desa Cinta Makmur Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu – Sumatera Utara, secara resmi telah ditutup, Kamis (8/8/2019).

Panglima Kodam I/BB Mayjen TNI M.S Fadhilah dalam amanatnya yang dibacakan Kepala Staf Kodam Brigjen TNI Hasanuddin SIP, MM, mengemukakan, kebersamaan dan kemanunggalan TNI bersama rakyat yang telah dirasakan selama pelaksanaan TMMD agar dapat terus dipertahankan.

“Tingkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama, sebagai realisasi semangat gotongroyong yang merupakan warisan asli bangsa kita. Serta, peliharalah hasil program TMMD ini dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan seluruh warga masyarakat, dan teruslah membangun, mengembangkan potensi Desa masing- masing, juga jadikan diri kita sebagai agen- agen pembangunan yang menyebarkan energi positif bagi lingkungan sekitar kita, untuk mau belajar memajukan Desa dan wilayahnya,” ujar Kasdam.

Kemudian, selaku penanggungjawab keberhasilan TMMD Ke-105, Kasdam secara khusus memohon maaf yang sebesar- besarnya kepada warga Kabupaten Labuhanbatu, apabila didalam proses penyelenggaraan program tersebut didapati tutur kata atau prilaku prajurit yang kurang berkenan dihati masyarakat.

“Demikian juga kepada seluruh prajurit yang tergabung di dalam Satgas TMMD, jadikanlah momen kegiatan ini sebagai pelajaran dan pengalaman tentang bagaimana menjadikan diri kita sebagai bagian dari solusi dalam membantu kesulitan rakyat, sekaligus sebagai pendorong motivasi bagi rakyat, karena TNI lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat,” tegas Brigjen TNI Hasanuddin.

Lebih jauh, Kasdam menguraikan, pelaksanaan TMMD Ke-105 ini diarahkan untuk mencapai sasaran fisik berupa pembangunan infrastruktur pedesaan meliputi pembukaan jalan baru, peningkatan badan jalan, pembangunan dan rehabilitasi jembatan, rumah ibadah, serta perbaikan rumah tidak laik huni, dan berbagai prasarana untuk masyarakat.

Serta, realisasi pengerjaan program non fisik berupa penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, pertanian, pendidikan, sosialisasi bahaya narkoba, dan masih banyak lagi, yang diharapkan dapat menimbulkan dampak positif bagi masyarakat, khususnya generasi muda agar memiliki karakter bangsa yang mampu mendorong tumbuhnya sikap cinta tanah air, pantang menyerah serta kompetitif demi terciptanya kemandirian bangsa.

Selanjutnya, Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengerjaan program TMMD ke-105, yang telah direalisasikan 100% dan siap untuk dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Cinta Makmur.

Tampak hadir, Danrem 022/PT Kolonel Inf R.Wahyu Sugiarto, Staf Ahli Pangdam bidang Ilpengtek Lingkungan Hidup I/BB Kolonel Inf Anggoro, Waasops Kasdam I/BB.Letkol Inf Rizal, Waaster Kasdam I/BB Letkol Arm Azhari, Dandim 0204/Deli Serdang Letkol Kav Syamsul Arifin,SE.MT, Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S.Sos.

Kemudian, Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST,MT, Kasiterrem 022/PT Letkol Inf Sutan Lubis, Pasi Pers Rem 022/PT Mayor Arm Muji Santoso, jajaran Danramil Kodim 0209/LB, Camat Panai Hulu H. Turing Ritonga, Ketua MUI, Para Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Masyarakat.

Penutupan TMMD ini berlangsung meriah dan dihadiri sebanyak ribuan masyarakat, serta diwarnai dengan pemberian sejumlah bantuan kepada warga yang diserahkan Kasdam I/BB secara simbolis.

( bede | soe | ic )

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here