Sharing is caring

 

Teks Photo : Kapolres Labuhanbatu AKBP James H. Hutajulu, SIK, SH, MH, MIK.

 

 

Labuhanbatu | Issu.Com – Berdasarkan surat Telegram Kapolda Sumut Nomor : ST/487/VI/HUK.6.5./2023 tanggal 14 Juni 2023 tentang Dakgar Lantas yang belum tercakup dalam sistem ETLE dan berpotensi menimbulkan Laka Lantas, Polres Labuhanbatu akan kembali memberlakukan tilang manual.

Hal itu disampaikan Kapolres melalui Kasat Lantas Akp M. Ainul Yaqin kepada wartawan, Selasa (5/9/2023) diruang kerjanya.

Ia mengatakan, dalam Operasi Zebra Toba 2023 kau ini pihaknya akan kembali memberlakukan sistem tilang manual pada pelanggaran lalu lintas, dikarenakan untuk wilayah Polres Labuhanbatu belum tercover dengan sistem ETLE.

Teks. Photo : Personel Polantas Polres Labuhanbatu Saat Melaksanakan Tilang Manual Pada Pelanggar Lalulintas.

 

Akp Yaqin juga menuturkan, dalam pelaksanaan tilang manual ini, Polres Labuhanbatu telah membentuk tim khusus penindakan pelanggaran lalu lintas yang melaksanakan kegiatan dalam bentuk patroli.

“Kita sudah membentuk tim khusus penindakan dan kegiatan penindakan dilakukan dalam bentuk patroli,” Ucapnya.

Dijelaskannya, pada Ops Zebra Toba 2023 kali ini, ada 8 jenis pelanggaran yang menjadi sasaran prioritas, yaitu pengemudi ranmor yang menggunakan HP saat berkendara, pengemudi ranmor yang masih dibawah umur, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari 1 orang, tidak menggunakan helm SNI dan safety belt, mengemudikan ranmor dalam pengaruh alkohol, pengemudi melawan arus lalu lintas, pengemudi ranmor yang melebihi batas kecepatan, kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot brong,

“Mekanismen penindakan dilakukan oleh petugas Polantas dengan tilang ditempat, dan selanjutnya pelanggar diarahkan untuk membayar denda melalui Akun BRIVA serta melengkapi kelengkapan surat-surat kendaraannya,” ujar Yaqin menjelaskan.

Lebih lanjut, selain kegiatan penindakan dengan tilang manual, Polres Labuhanbatu juga melaksanakan kegiatan pemasangan spanduk dan baleho, penyebaran brosur dan sticker serta kegiatan penyuluhan ke sekolah (Police Goes to School), penyuluhan keliling dan penyuluhan kepada masyarakat terorganisir.

“Adapun tujuan dari pelaksanaan Ops Zebra Toba 2023 adalah menurunnya angka pelanggaran lalu lintas, menurunnya angka kecelakaan lalu lintas, menurunnya fatalitas korban laka lantas, meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” Tukas Akp M. Ainul Yaqin mengakhiri.

 

Penulis : Erine Indri Yani
Editor : Indra Dharma

Print Friendly, PDF & Email