Terpapar Asap Karhutla Riau, Pemkab Labuhanbatu Turun Kejalan

0
67
Teks Foto: Bupati Labuhanbatu, H Andi Suhaimi Dalimunthe memberikan masker kepada warga.
Labuhanbatu.issu.com – Dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau semakin terasa di Kabupaten Labuhanbatu. Sudah hampir dua minggu kabut asap pekat kian mengkhawatirkan kesehatan masyarakat dan mengganggu jarak pandang bagi pengguna jalan.
Menyikapi dampak kabut asap tersebut, Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT beserta OPD turun kejalan bagikan masker di Simpang Enam Kota Rantauprapat, Senin (23/9/2019) siang.
Kegiatan bersama Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), PT Siringo-ringo, dan PT Cisadane Sawit Raya (CSR) bertujuan untuk mengantisipasi penyakit Infeksi Saluran Pernapasan (Ispa) yang disebabkan asap. Sedikitnya 300 kotak atau 15.000 lembar masker dibagikan kepada warga dan pengguna jalan.
H. Andi Suhaimi Dalimunthe menjelaskan, terkait penyakit Ispa disebabkan asap sampai saat ini dirinya belum ada menerima laporan dari rumah sakit maupun dinas terkait, namun pencegahan terus dilakukan. Hari ini BPBD Labuhanbatu  mendirikan posko siaga disetiap Kecamatan untuk mempermudah dan  membantu warga yang terkena dampak kabut asap.
“Ini merupakan bentuk kepedulian kita bersama untuk masyarakat, Alhamdulillah sampai hari ini di Labuhanbatu tidak ada titik kebakaran, kita doakan semoga datang hujan dalam waktu 2 sampai 3 hari sehingga kabut asap yang menyelimuti Kabupaten kita dapat menghilang,” Kata Andi saat ditemui wartawan.
Andi berpesan kepada masyarakat agar mengurangi aktifitas berlebihan diluar ruangan, dan selalu gunakan masker saat berada diluar. Pihaknya juga menyiapkan persediaan masker di setiap puskesmas dan Kecamatan.
Selain itu, Andi Suhaimi mengimbau kepada seluruh perusahan yang ada di Labuhanbatu agar dapat menjaga lingkungan dan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan yang berakibat bencana. Pihaknya juga telah memasang rambu-rambu larangan  dan himbauan dalam pencegahan kebakaran.

Dalam kegiatan pembagian masker ini tampak hadir Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih SH, MM, Kepala OPD, ASN, Pimpinan PT Bank Sumut Cabang Rantauprapat, serta pihak Polres Labuhanbatu yang juga ikut turun kejalan mengatur arus lalulintas dan bersama-sama membagikan masker ke pada pengandara. (in)
Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here