Tangani Polemik Sampah, DLH Labuhanbatu Akan Gandeng Komunitas Masyarakat

0
45

Ket. Photo : Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Labuhanbatu, Syahbela Rusli Siregar

 

Labuhanbatu | Issu.Com – Dalam upaya meminimalisir dan menuntaskan polemik penanggulangan sampah di wilayahnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Labuhanbatu berwacana akan merangkul sejumlah komunitas masyarakat.

Tujuannya, untuk mempermudah langkah pemerintah dalam mensosialisasikan cara pemilahan sampah kepada masyarakat. Hal ini diungkapkan Plt Kepala DLH Labuhanbatu, Syahbela Rusli Siregar kepada Team Issu.Com diruang kerjanya, Kamis (9/6/2022).

“Untuk penanggulangan sampah, kedepan, kita akan coba merangkul seluruh komunitas masyarakat yang ada di Labuhanbatu untuk bisa lebih bersinergi. Kita harapkan, nantinya para komunitas yang ada bisa menjadi pelopor untuk memberikan edukasi pemilahan sampah kepada masyarakat yang ada di lingkungannya masing-masing,” Ucapnya.

Menurutnya, dengan terpilahnya sampah sejak dari rumah masyarakat akan lebih mempermudah dalam menanggulangi permasalahan sampah yang hingga saat ini masih menjadi penomena clasik sepanjang tahun.

“Jika sampah sudah terpilah sejak awal, maka penanggulangan sampah akan lebih optimal dan hal ini juga akan lebih meringankan dalam penanggulangannya di tempat pembuangan akhir,” Imbuhnya.

Ia mengatakan, langkah sosialisasi dan edukasi ini kepada masyarakat tentang pemilahan sampah ini diwacanakan terlaksana secara berkesinambungan, hal ini juga merupakan bentuk inovasi kerja DLH untuk kedepannya.

“Selain merangkul pihak komunitas, kita juga akan memberikan bimbingan teknis yang lebih spesifik kepada seluruh kepala lingkungan tentang mekanisme penanggulangan sampah dilingkungan mereka masing-masing,” tutur Syahbela, menambahkan.

Untuk mendongkrak percepatan pengangkutan sampah, di internal pemerintahan, DLH juga sudah membuat pengajuan penambahan armada pengangkut sampah, baik itu angkutan berjenis truck maupun angkutan roda tiga atau betor.

“Dalam penanggulangan sampah, saat ini kita juga masih terkendala dengan minimnya jumlah armada pengangkut sampah, tapi kita sudah mengajukannya kepada pihak pemerintah dan instansi terkait, insyaallah bisa segera terealisasi,” Tukas Syahbela, penuh harap. (Erine-Red)

Editor : Indra Dharma

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here