Tambah Penghasilan, Warga Binaan Koramil 03/SB Tanam Kencur

0
777

LABUHANBATU, issu.com – Sebagai upaya meningkatkan perekonomian keluarga, warga binaan Koramil 03/SB pilih menanam kencur. Hal ini terlihat ketika Babinsa Sertu Suritno ikut dampingi para petani kencur khususnya di Dusun 3 Desa Sei Sakat Kecamatan Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (8/5/2019).

Kencur yang ditanami di lahan milik Sumiati seluas 800 M3 inipun, telah berjalan selama 6 bulan dengan metode perawatan khusus agar mendapatkan hasil panen yang sempurna.

“Proses perawatannya harus bagus, dengan tanah yang akan digunakan tidak boleh dicangkul terlalu dalam. Serta, tanah tersebut harus dibersihkan dari sisa tanaman yang lama,” terang Sumiati.

Kata dia, tanaman kencur saat ini rata-rata berusia 5-6 bulan, dan dalam proses perawatan harus rajin mencabuti/ menyiangi rumput agar tidak mengganggu akar tanaman kencur tersebut.

“Perawatannyapun harus maksimal, saya hadir melaksanakan pendampingan ini untuk membantu petani, dan berharap tanaman kencur ini dapat di panen sesuai dengan yang diinginkan Ibu Sumiati,” tambah Babinsa.

Ditempat lain, Danramil 03/SB Mayor Inf H. Syamsul Anwar Harahap mengatakan, pendampingan Babinsa terhadap petani bukan hanya untuk di persawahan saja. Namun, juga bagi para petani tanaman lainnya seperti tanaman kencur.

“Saya berharap semoga banyak muncul petani kencur di wilayah Koramil 03/SB Kodim 0209/LB, tentunya untuk dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam bidang pertanian,” sebut Danramil.

(bede/ndra/ic)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here