Tahan Pohan: “ini Kami Catat Jenderal, Semua ini Disebabkan TNI..!”

0
1995

 

LABUHANBATU,ISSU.com-

Tercatat dalam sejarah! sejak Indonesia merdeka 17 Agustus 1945 lalu, hingga sekarang, baru kali inilah Desa Bandar Kumbul Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu, dikunjungi Jenderal TNI. 

Hal itu serta merta menjadi pokok bahasan dalam kegiatan kunjungan Brigjen TNI Jani Iswanto MA selaku Ketua tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) yang merupakan Penanggung Jawab Operasi (PJO) TMMD ke-100, yang digelar di Desa Bandar Kumbul setempat. Selasa (17/10/2017).

“ini kami catat jenderal! dan ini merupakan sejarah bagi masyarakat Desa Bandar Kumbul, dan kami patut bangga, desa kami saat ini dikunjungi Jenderal TNI” ujar Tahan Pohan, Tokoh masyarakat Desa Bandar Kumbul.

Tahan Pohan yang merupakan mantan Kepala Desa Bandar Kumbul di Era 90-an ini menceritakan, bahwa ditahun dia menjabat, Desa Bandar Kumbul sama sekali tidak dikenal orang luar, bahkan juga tidak dikenal Desa lainnya yang masih berada dilingkup Kabupaten Labuhanbatu.

“Saya pernah dua periode menjabat Kades disini, sejak tahun 94 sampai beberapa waktu belum lama ini, Desa Bandar kumbul tidak dikenal, setelah masuknya TNI melalui program TMMD, Desa kami ini dikenal hingga ke provinsi lain, ini semua karena TNI” cetusnya.

Disisi lain, Tahan Pohan meng-kisahkan banyak kesedihan dirinya beserta warga disaat belum adanya pembangunan di Desa setempat.

“Dulu, jangankan naik sepeda motor, bejalan kaki saja susah, sudahlah jalannya kecil, belumpur pula, sedih melihat anak-anak ketika hendak pergi dan pulang sekolah, tapi sekarang, berkat bapak TNI Desa kami telah bangkit dari kesedihan, terima kasih kami pak Jenderal” tuturnya.

Dihadapan Brigjen Jani Iswanto MA dan Kasdim 0209/LB beserta ratusan undangan, Sesepuh Desa Bandar Kumbul ini juga tidak segan-segan mengatakan, jika dahulunya juga pernah ada program bedah rumah yang dijanjikan pihak lain, akan tetapi belum teralisasi.

“Dulu sudah ada dijanjikan program bedah rumah 50 unit di Desa ini, dan nyata-nya nol besar, tapi sekarang, TNI tidak pakai janji sudah laksanakan program bedah rumah sebanyak 21 unit, ini wajib kita ucapkan rasa syukur” bilangnya.

Tambah Tahan Pohan, Masyarakat Desa Bandar Kumbul seharusnya sudah patut berbangga hati, sebab, kembali menjadi keunggulan, bahwa Desa yang merupakan lokasi TMMD ke-100 itu adalah Desa pertama di Labuhanbatu Raya yang pernah dijadikan lokasi HUT TNI.

“Saya mau tahu, di Desa mana di Kabupaten Labuhanbatu Raya ini pernah dirayakan HUT TNI? tidak ada! yang ada cuman di Desa Bandar Kumbul, saya selaku masyarakat Desa disini sangat berbangga hati, maka dari itu, saya berharap, kepada seluruh warga agar dapat membantu mensukseskan program TMMD” pintanya.

Mendengar Sambutan tokoh masyarakat itu, seluruh undangan-pun turut bersuka cita dengan memberikan aplause, Tampak Brigjen Jani Iswanto MA tersenyum bahagia seraya memberikan salam sesaat Tahan Pohan menuruni podium, sebagai ungkapan tanda hormat terhadap pemuka masyarakat tersebut. (red2)

Bersalaman: Brigjen TNI Jani Iswanto MA, saat bersalaman dengan tokoh masyarakat dan sejumlah undangan, pada kunjungan Wasev TMMD ke-100 di Desa Bandar Kumbul

Baca juga: https://www.infoseputarsumut.com/2017/10/17/ott-dinas-pendidikan-langkat-11-oknum-pns-diamankan/

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here