Sinergitas DPD Samade Labuhanbatu Dan Pemerintah Dalam Peningkatan Ekonomi Kerakyatan.

0
414
Labuhanbatu, issu.com – Bertempat di Balai Serbaguna, Desa Teluk Sentosa, Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Selasa 18 Februari 2020 Sore, Dewan Pimpinan Daerah Sawitku Masa Depanku (DPD SAMADE) Kabupaten Labuhanbatu laksanakan giat penjaringan program pembinaan bagi puluhan peserta yang terdiri dari kelompok ibu-ibu peduli pedesaan.
Kegiatan penjaringan ini merupakan langkah serius DPD Samade Labuhanbatu dalam proses pembentukan kelompok kreatif  para ibu rumah tangga untuk memberikan program membina dan pelatihan sebagai cikal bakal pelaku usaha di wilayahnya masing-masing.
Pembinaan dan pelatihan yang dilakukan DPD Samade Labuhanbatu tersebut akan berfokus pada inovasi pemanfaatkan limbah tanaman kelapa sawit sebagai sumber bahan baku. Dari limbah tersebut nantinya akan dijadikan produk kerajinan yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan mampu menjadi sumber ekonomi baru dalam peningkatan mutu ekonomi kerakyatan di Kabupaten Labuhanbatu.
Ketua DPD SAMADE Kabupaten Labuhanbatu, Eko Saputra S.p, menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai langkah Samade Labuhanbatu untuk membentuk para ibu rumah tangga menjadi kelompok kreatif dengan cara pemberian pelatihan-pelatihan dibidang pemanfaatan limbah tanaman kelapa sawit.
“Kegiatan ini kami laksanakan untuk memberikan pelatihan bagi para ibu rumah tangga dalam memanfaatkan limbah kelapa sawit menjadi produk kerajinan yang nantinya bisa menjadi sumber ekonomi baru untuk masyarakat,” jelas Eko.
“Untuk tahap awal, kami akan memberikan pelatihan tenun lidi kelapa sawit kepada para ibu rumah tangga agar bisa dijadikan produk kerajinan tangan seperti tas, sandal, gorden dan laiannya,” lanjut Eko.
Eko juga menjelaskan bahwa dalam proses pemberian pelatihan nantinya, pihak Samade akan bekerja sama dengan instansi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu seperti Balitbang, Bapeda dan dinas pertanian dan perkebunan.
“Hal ini juga kita laksanakan selaras dengan program Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe dalam mewujudkan inovasi untuk meningkatkan mutu ekonomi masyarakat diseluruh wilayah Kabupaten Labuhanbatu, ” Pungkas Eko.
Selain Ketua DPD Samade Labuhanbatu, Pada acara tersebut juga dihadiri Kepala Desa Teluk Sentosa, Afifuddin beserta istri, Tokoh muda Labuhanbatu Edi Supriadi S.E, dan sejumlah pengurus DPD Samade Labuhanbatu.
(Soe/ ind-Red)
Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here