Sidang Putusan PHP Labuhanbatu, MK Putuskan PSU di 2 TPS

0
563

 

Labuhanbatu | Issu.Com – Gelar Sidang Pengucapan Putusan Perkara Nomor 141/PHP.BUP-XIX/2021 Tentang Perselisihan Hasil Pemilihan Bupati Labuhanbatu Tahun 2020, Melalui Live Streaming Kanal YouTobe nya, Kamis 03 Juni 2021, Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan kembali melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 2 TPS.

Dalam putusan persidangan, Majelis Hakim MK mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian yang diajukan oleh Paslon ASRI (H.Andi Suhaimi Dalimunthe dan Faizal Amri Siregar) melalui Kuasa Hukumnya yang tergabung dalam “Ihza & Ihza Law Firm” dan memutuskan PSU di 2 TPS yakni TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan.

Dalam amar putusan itu, yang menjadi faktor utama pertimbangan Hakim MK adalah faktor Signifikansi perolehan suara di 2 TPS (007 dan 009) pada PSU yang digelar 24 April 2021 yang lalu dengan dalih pengandaian.

“Dengan pengandaian demikian, jika dilakukan PSU di TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan, dan seluruh surat suara yang terpakai digunakan untuk memilih Pemohon maka Perolehan Sura Pemohon dapat melampaui Perolehan Suara Pihak Terkait“ ucap Hakim MK Enny Nurbaningsih saat membacakan pertimbangan Majelis Hakim MK.

Hakim MK juga memutuskan, PSU Kabupaten Labuhanbatu harus dilakukan paling lama 14 hari kerja setelah diucapkannnya keputusan MK dan melaporkannya kepada MK dalam jangka waktu paling lama 7 hari kerja sejak selesainya PSU.

Enny Nurbaningsih juga menyampaikan, dalam pelaksanaan PSU, KPU Labuhanbatu harus disupervisi oleh KPU RI dan KPU Sumatera Utara. Selain KPU, Pihak Bawaslu RI juga diminta mensupervisi Bawaslu Labuhanbatu. Demikian pula, Polri khususnya Polda Sumut dan Polres Labuhanbatu diperintahkan MK untuk mengamankan jalannya PSU agar berjalan aman dan lancar.

Berikut Kutipan Amar Putusannya MK:

1. Mengabulkan Permohonan Pemohon untuk sebagian.

2. Menyatakan batal dan tidak syah Keputusan KPU Labuhanbatu Nomor: 64/PL.02.6-KPT/1210/KPU-KAB-PAN/IV/2021 Tentang Penetapan Hasil Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pasca Keputusan MK Nomor 58/PHP.HUB-XIX/2021 dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Tahun 2020 Tertanggal 27 April 2021 sepanjang mengenai Perolehan Suara Masing-masing Paslon di 2 TPS yaitu TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan.

3. Memerintahkan kepada KPU Labuhanbatu untuk melaksanakan PSU Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Labuhanbatu Tahun 2020 di 2 TPS yaitu TPS 007 dan TPS 009 Kelurahan Bakaran Batu, Kecamatan Rantau Selatan dalam waktu paling lama 14 Hari Kerja sejak diucapkan Putusan MK dan melaporkannya kepada MK dalam jangka waktu 7 Hari Kerja sejak selesainya PSU.

4. Memerintahkan KPU RI untuk melakukan Supervisi dan berkoordinasi dengan KPU Provinsi Sumatera Utara dan KPU Labuhanbatu beserta jajarannya dalam rangka pelaksanaan Amar Putusan ini.

5. Memerintahkan kepada Bawaslu RI untuk melakukan Supervisi dan Kooedinasi dengan Bawaslu Provinsi Sumatera Utara dan Bawaslu Labuhanbatu beserta jajarannya dalam rangka melaksankan Amar Putusan ini dan melaporkannya kepada MK dalam jangka waktu 7 Hari Kerja sejak selesainya PSU.

6. Memerintahkan kepada Polres Labuhanbatu beserta jajarannya untuk melakukan pengamanan proses PSU sesuai dengan kewenangannya.

(Indra-Red)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here