Polres Labuhanbatu Sebagai ‘Tempat Sampah’ Dengan Realisasi Kebijakan Kamtibmas

0
1187
insert Foto: Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang SH,SIK

 

 

Catatan: 

Budi Ardiansyah,SE

(Redaktur issu.com

 

DALAM meng-aplikasikan tupoksinya, Polri sebagai perangkat penyelenggara hukum serta pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas), dapat di-ibaratkan sebagai Tempat Sampah. 

Mengapa tidak, seluruh sampah yang yang membuat kotor selalu dimasukkan kedalam tempat/tong yang disiapkan, guna terciptanya kebersihan. Sama halnya dengan Polri, segala bentuk persoalan yang ada, selalu dilaporkan ke pihak Kepolisian.

Bayangkan saja, setiap harinya polisi harus menerima laporan masyarakat, dari masalah pencurian, jambret, hingga masalah yang sebenarnya bisa saja diselesaikan masyarakat itu sendiri, mesti menjadi konsumsi hukum.

Terkadang juga, kondisi politik serta konflik ekonomi rumah tangga, tidak lepas dari yang namanya “Melapor”. itulah mengapa Kantor Kepolisian dapat disamakan dengan ‘tempat sampah’, sebab segala urusan kehidupan masyarakat, terus menjadi pengisi ‘buku tamu’ di kantor kepolisian.

Akan tetapi, hal ini tidak menjadi kendala bagi Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang SH,SIK, yang dipastikan setiap harinya selalu mendapat pesan singkat ‘SMS’ berisi laporan dari masyarakat di Tiga Kabupaten Labuhanbatu Raya yang dijaganya.

Hal itu, dibuktikan dengan telah terciptanya kondusifitas yang terjaga, Kamtibmas yang dirasakan warga, kerukunan umat beragama yang solid, serta tidak didapati adanya kisruh di masyarakat yang dapat mengganggu ketertiban umum.

Serta, dengan fokus konsentrasi penyelesaian kapolres yang cepat tanggap terhadap aduan tersebut, membuat masyarakat merasa terlayani serta ter-ayomi, dan adanya rasa kepuasan terhadap kepemimpinan AKBP Frido Situmorang SH,SIK ini.

Juga, dilirik dari konsep kerja jajaran Polsek yang cukup signifikan dalam menjaga keamanan melalui Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan (K2YD), sehingga sinergitas dengan pihak Polres semakin terkontrol dan menyasar kepada kenyamanan masyarakat.

Pun demikian, atas terwujudnya Kamtibmas di Labuhanbatu Raya, Kapolres Labuhanbatu ini tidak terus ‘tidur’, AKBP Frido beserta jajaran malah semakin bergiat menciptakan inovasi-inovasi baru dalam konsep terciptanya Kamtibmas yang berkesinambungan.

“Kejahatan akan tetap ada dan terus ada, dengan upaya yang telah dilakukan Polres Labuhanbatu se-jajaran, ini membuktikan bahwa mereka terus bekerja dan berupaya untuk menjaga Kamtibmas” Kata Praktisi Hukum Labuhanbatu, Harris Nixcon Tambunan SH.

Mendalami penanganan Narkotika, Polres Labuhanbatu telah melakukan tindakan penekanan peredaran gelap Narkoba yang cukup signifikan, bahkan, pihak Satresnarkoba telah memasang sejumlah Spanduk Publikasi himbauan larangan penggunaan narkoba beserta konsekwensinya.

“Baru Kali ini saya lihat Satres Narkoba Polres Labuhanbatu pasang spanduk himbauan di jalan raya, artinya, kepedulian Polres terhadap masyarakat semakin tinggi” ujar Maratogu Simbolon, Tokoh masyarakat Kecamatan Rantau Selatan.

Melirik dengan konsep kepedulian terhadap masyarakat, selain pemberdayaan Bhabinkamtibmas yang ditempatkan diseluruh Desa dan Dusun, Kapolres Labuhanbatu ini telah memiliki program jitu berupa ‘Problem Solving’ yang mengarah kepada sistem penyelesaian masalah tanpa proses penyidikan.

Bahkan, Kapolres juga telah menciptakan program Bedah Rumah warga kurang mampu yang dilaksanakan pada HUT Polwan belum lama ini di Kelurahan Sioldengan Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu.

Koordinasi dengan Ormas, OKP, Tokoh Adat, Tokoh Agama, FKUB serta tokoh masyarakat terus terjalin baik. terbukti, tidak adanya didapati kasus yang sangat menonjol yang mengarah kepada keributan di masyarakat.

Grafik tindak kejahatan berat-pun semakin menurun, diketahui dengan nyaris tidak ada lagi aksi kejahatan jalanan, setelah pihaknya melakukan langkah penekanan terhadap premanisme, serta mendirikan pos polisi disejumlah wilayah rawan kriminalitas.

Sementara, ditinjau dari aspek kebijakan, Frido merupakan Kapolres yang disenangi bahwahan. Hal itu terlihat disetiap momen penting seperti Hari ulang tahun anggotanya,  Frido masih berfikir untuk merayakan di Mapolres setempat walaupun dengan suasana sederhana.

Disamping itu, didalam aksi penindakan kejahatan, tidak tanggung-tanggung, Frido juga kerap turut serta dalam prosesi penyergapan secara langsung.

Diharapkan, keresahan warga semakin kecil,  Kondisi aman dan nyaman di masyarakat terus terjaga, komitmen menjaga Kamtibmas bersama dengan warga semakin kuat, serta terwujudnya Bhabinkamtibmas sebagai Sahabat masyarakat, Semoga. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here