Sharing is caring

Giat Pelepasan 2 Calon Paskibraka Perwakilan Sumut Untuk Mengikuti Peusatan Pendidikan dan Pelatihan di Jabar. (Foto: Istimewa)

Medan | Issu.Com – Jelang agenda peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 pada Agustus mendatang, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melepas 2 Calon Paskibraka Tingkat Pusat Tahun 2023 mewakili Sumut guna mengikuti pemusatan Pendidikan dan Pelatihan ke Jawa Barat (Jabar).

Mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, giat pelepasan dilakukan oleh Kepala Badan Kesbangpol Sumut, Ir Ardan Noor, dikantor Badan Kesbangpol Sumut, Jln Jenderal Gatot Subroto, Medan. Jumat (14/7/2023)

Adapun kedua Calon Paskibraka Pusat tersebut adalah Nabil Arya Barata Lubis, siswa SMA Negeri 2 Plus Panyabungan Mandailing Natal, dan Davina Anis Raisha, siswi SMA Swasta Amaliyyah Kota Medan. Giat pelepasan tersebut turut dihadiri oleh kedua orang tua Calon Paskibra Pusat, Jeffry Barata Lubis dan Heru Suhartono SH.

Selain itu, juga tampak hadir Kabid Bina Ideologi, Wasbang dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Sumut, Muhammad Andry Simatupang SSi MSi, Kadispora Madina Rahmad Hidayat SPd, Kabid Kepemudaan Dispora Medan, Irwan K Pane SSos MSP dan Ketua SMSI Sumut Erris J Napitupulu.

Sampaikan pesan dari Gubsu, Kaban Kesbangpol Ardan Noor menyampaikan agar Nabil Arya Barata Lubis dan Davina Anis Raisha dapat mengharumkan nama baik Provinsi Sumatera Utara.

“Kalian harus terus bersemangat, tunjukkan bahwa anak-anak Sumut bisa dan bermartabat. Namun semua diawali dengan doa, dan ingat juga, kalian harus disiplin, ikuti semua instruksi dan ketentuan,” ujar Ardan Noor.

Ardan Noor berharap, nantinya Nabil Arya Barata Lubis maupun Davina Anis Raisha,  bisa berada di pasukan inti saat pengibaran ataupun penurunan Bendera Merah Putih pada Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Istana Negara Jakarta.

“Selamat berjuang untuk negara kita Indonesia tercinta, doa kami dari pemprov dan masyarakat Sumatera Utara bersama kalian, berikan kemampuan terbaikmu karena kalian terpilih dari sekian banyak siswa yang ingin di posisi anda ini,” ujar Ardan Noor.

Sebelumnya, jelas Ardan Noor, telah dilakukan seleksi pemilihan Calon Paskibraka Pusat di Sumut dengan proses yang ketat, hingga terpilih 2 calon terbaik.

“Saat proses seleksi kita melibatkan unsur TNI/Polri, unsur purna paskibraka, psikolog, ada unsur dari Badan Pengeloka Ideologi Pancasila (BPIP)  dan kesehatan,” jelas Ardan Noor.

Pada kesempatan itu, Ardan Noor menyerahkan bantuan perlengkapan kedua Calon Paskibraka itu selama mengikuti diklat, di antaranya seragam Paskibaraka, sepatu, baju, tas, topi dan jas serta jam tangan.

“Terima kasih dukungan Pak Gubernur, Pak Ardan, dan semua pihak. Kami sangat bersyukur dan kami berdua mohon doa agar mampu mengemban amanah ini sebaik mungkin,” ujar Nabil Arya Barata Lubis usai menerima bantuan perlengkapan tersebut.

Sebelumnya Kabid Bina Ideologi, Wasbang dan Karakter Bangsa Badan Kesbangpol Sumut, Muhammad Andry Simatupang, mengatakan Diklat digelar di Taman Rekreasi Wiladatika, Jalan Jambore Nomor 1, Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, mulai 15 Juli hingga 23 Agustus 2023. (Tim-Red)

Editor  : Indra Dharma

Print Friendly, PDF & Email