Patroli Laut, Polairud Polres Asahan Himbau Nelayan Utamakan Keselamatan Berlayar

0
42

Ket. Photo : Personel Sat Polairud Polres Asahan Saat Patroli Laut di Perairan Bagan Asahan.

 

Asahan | Issu.Com – Antisipasi adanya aktivitas kapal ilegal di perairan wilayah hukum Polres Asahan, personel Sat Polairud Polres Asahan lakukan patroli laut diperairan Bagan Asahan sekaligus menghimbau para nelayan untuk utamakan keselamatan saat melaut. Kamis (13-14/1/2022).

Mewakili Kapolres Asahan, PS Kasat Polairud Polres Asahan Iptu Firdaus Panjaitan, Jumat (14/1) mengatakan patroli perairan dimulai pada Kamis 13 Januari sekira pukul 22.50 Wib yang dilaksanakan personel Bripka Dedi Alhidayat dan Bripka Noji Syamsuar.

“Giat patroli dilakukan menggunakan Kapal Patroli KP II – 1027 dalam rangka memantau secara langsung situasi perairan wilayah hukum Polres Asahan dengan lego jangkar di koordinat N :. 3° 01′ 39.3924″ dan E : 99° 51′ 47.2536, ” Terang Firdaus.

Dalam kegiatan patroli tersebut, Ungkap Findaus, personel melakukan Polmas Perairan dengan Public Speaking berupa keselamatan berlayar agar terlebih dahulu melakukan pemerisaan mesin, melengkapi dan membawa dokumen kapal, melengkapi dan membawa alat-alat keselamatan berlayar seperti Jaket Pelampung, Ring boy, APAR dan Kotak P3K.

“Dalam Polmas dengan Public Speaking, personel turut menyampaikan kepada masyarakat agar dapat menjadi mitra Polri dalam memelihara situasi kamtibmas dengan cara memberikan informasi jika ada mengetahui pelanggaran atau kejahatan seperti Ilegal fishing, TKI Ilegal yang keluar atau masuk dengan cara menumpang di kapal, barang barang illegal seperti Ballpress dan Narkoba,” ujarnya.

Baca Juga :Kajari Labuhanbatu Apresiasi Kejatisu Tangkap Dirut PT KBN

Saat giat patroli Jumat (14/1) pada pukul 01.15 Wib, sambung Firdaus, personel sempat melakukan pengejaran satu unit kapal yang datang dari laut tujuan Tanjung Balai diposisi koordinat N = 3° 01′ 39.0576″ dan E = 99° 51′ 46.0224, setelah diberhentikan, kapal bernama KM Surya Baru 88 GT.12 no:3232 yang membawa 7 orang penumpang ternyata berdokumen lengkap dan tidak melanggar hukum.

Firdaus menyebutkan, kegiatan patroli perairan dilaksanakan secara berkesinambungan sesuai arahan dari Kapolres Asahan untuk meningkatkan pemantauan situasi kamtibmas perairan, serta memetakan kawasan yang rawan akan gangguan kamtibmas guna mengantisipasi aksi-aksi pelayaran ilegal keluar masuk diperairan Asahan.

“Di samping itu kegiatan patroli perairan ini merupakan salah satu upaya penyekatan dan pemeriksaan penduduk pendatang, serta untuk tetap menjaga situasi kondusif perairan Wilayah hukum Polres Asahan,” Pungkas Firdaus.

Editor : Indra-Red

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here