Lapangan Ika Bina Digoyang Gempa 1,5 SR, BPBD Mesti Terus Belajar

0
705

LABUHANBATU, issu.com – Bencana Gempa Bumi berkekuatan 1,5 SR telah terjadi dan mengguncang Lapangan Ika Bina Rantauprapat. Serta merta, puluhan masyarakat setempat berhamburan dan berkumpul ditengah lapangan tersebut. Meskipun tidak ada menimbulkan korban jiwa, namun, tak sedikit yang mengalami luka-luka.

Melihat situasi yang cukup mengkhawatirkan itu, sepasukan Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Labuhanbatu bersama Manggala Aqni, lakukan penyelamatan dini terhadap korban.

Adegan penyelamatan warga yang terbilang kurang meyakinkan inipun, dipertontonkan pada simulasi dalam peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2019, di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, Jum’at (3/5/2019).

Melalui kegiatan simulasi tanggap bencana itu pula, BPBD Labuhanbatu dibawah asuhan Kepala Badan Sofyan Hasibuan, mendapat sejumlah kritikan membangun.

“Sikap gerak personil dalam simulasinya kurang aktif dan kurang cepat, dari sini BPBD mesti harus terus banyak belajar,” cetus Pasi Pers Kodim 0209/LB Kapten Inf Mahmud, usai pelaksanaan simulasi tersebut.

Bahkan, setelah selesai adegan, banyak penonton (para undangan) tertawa kecil melihat kegiatan tersebut, dan suara tepuk tangan nyaris tidak terdengar di akhir drama penyelamatan dimaksud.

“Sedangkan pada simulasi saja terlihat kurang gerak, apalagi nanti dalam peristiwa sebenarnya. Sebaiknya BPBD membaca kondisi ini,” celetuk sejumlah personil Dishub, yang juga turut menyaksikan simulasi dari Aula Tribun Lapangan Ika Bina setempat.

Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana inipun, mengusung tema ‘Perempuan menjadi guru siaga bencana dan rumah menjadi sekolahnya”, dimana, pelaksanaan upacara dipimpin langsung oleh Ketua TP PKK Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Hasibuan selaku bunda relawan cilik bencana.

Dalam kesempatannya, Plt Bupati Andi Suhaimi Dalimunthe mengemukakan, bahwa ini adalah pertama kalinya Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan peringatan hari kesiapsiagaan, kedepannya Pemkab akan terus melaksanakan kegiatan-kegiatan BPBD sesuai dengan tupoksi dinas terkait.

Tampak hadir, Kapolres AKBP Frido Situmorang SH, SIK, Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, Sekda Ahmad Muflih SH, MM, ketua Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0209/LB, ketua Bhayangkara Polres Labuhanbatu, jajaran Kepala OPD, OKP/Ormas, serta tokoh masyarakat. (bede/ic)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here