Sharing is caring

 

AKBP James H. Hutajulu SIK, SH, MH, MIK dan Forkopimda Labuhanbatu Saat Lounching Program KBN dan Aplikasi PASTI Polres Labuhanbatu. (foto:Istimewa)

 

Labuhanbatu | Issu.Com – Usai resmikan Kampung Bebas dari Narkoba (KBN) diwilayah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), kini Kapolres Labuhanbatu resmikan program KBN dan lounching Aplikasi PASTI diwilayah Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (19/08/2023).

Pada kesempatan itu Kapolres Labuhanbatu AKBP James H. Hutajulu menjelaskan bahwa sebelumnya, yakni jumat 18 Agustus 2023, Polres Labuhanbatu telah melaksanakan launching program serupa di wilayah Labura.

Dikatakannya, pemilihan ke 12 lokasi KBN yang dibangun oleh Polres Labuhanbatu didasarkan atas pemetaan jumlah terjadinya kejahatan narkoba dan berdasarkan dari data ungkap kasus oleh Sat Narkoba serta jajaran dalam kurun waktu Januari s.d Juni 2023.

Ia juga menjelaskan bahwa tujuan dibentuknya 12 KBN adalah untuk melaksanakan kegiatan preemtif berupa FGD dan inovasi giat kemasyarakatan, menumbuhkan sadar bahaya narkoba, preventif berupa sosialisasi/penyuluhan serta penindakan (rehabilitasi dan penegakan hukum).

Lebih lanjut dijelaskan Kapolres, selain program pembangunan Posko KBN, pihaknya juga telah melaunchingkan Aplikasi PASTI Polres Labuhanbatu, dimana aplikasi yang berbasis Android tersebut merupakan aplikasi yang memudahkan Tim Terpadu Penanganan Stunting.

“Aplikasi PASTI Polres Labuhanbatu dibuat untuk mengetahui perkembangan kesehatan anak per minggu, asupan vitamin dan tambahan makanan bergizi yang telah diberikan dan bisa di akses melalui smartphone atau hp Android,” Ucapnya.

Menurutnya, percepatan dan antisipasi stunting dilakukan dengan mengoptimalkan serta mengubah metode dari bersifat menunggu “pasif” menjadi sistem “door to door” atau proaktif dengan cara mengunjungi anak stunting secara langsung.

“Dengan pemanfaatan teknologi digital dari Aplikasi PASTI ini diha bisa lebih membantu pendataan, pencatatan, pengolahan informasi serta tindakan percepatan yang harus dilakukan” ujarnya.

Ini merupakan komitmen Polres Labuhanbatu serta tindak lanjut dari upaya Polri dalam mendukung program prioritas Pemerintah serta Program Quick Wins Presisi Kapolri dan Program Kapolda Sumut menuju dan mewujudkan transformasi Polri yang Presisi. (Erine-Red).

 

Editor : Indra Dharma

Print Friendly, PDF & Email