Informasi Penting! Pelajar SMP yang Bawa Sepeda Motor Akan Dirazia

0
713

 

LABUHANBATU, ISSU.Com –

Sebagai upaya menekan angka kecelakaan Lalulintas yang akan terjadi di masa mendatang, Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Labuhanbatu bakal melakukan razia sepeda motor di gerbang-gerbang Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Labuhanbatu Raya. 

“Ya, akan kita lakukan penertiban di tingkat pelajar SMP yang mengenderai sepeda motor,” ungkap Kasat Lantas Polres Labuhanbatu, AKP Sawangin Manurung, dalam kesempatannya pada kegiatan temu ramah dan perayaan Hari Jadi Polisi Lalu Lintas (Polantas) ke 62 tahun 2017, di Mapolres setempat. Rabu (20/9/2017).

Menurut Kasat Lantas, dinilai dari faktor umur, pelajar SMP belum memiliki hak untuk mendapatkan SIM C. Sedangkan pengemudi yang tidak memiliki SIM, akan dikenai sangsi denda atau kurungan penjara.

Sementara, data Laka Lantas dan Pelanggaran Lalin cenderung dilakukan oleh pengemudi kenderaan yang di bawah umur. Maka dari itu, pihaknya akan berkordinasi dengan instansi terkait. “Akan kita surati pihak Dinas Pendidikan,” imbuhnya.

Data yang berhasil dihimpun, adapun situasi umum Lalin di Wilkum Polres Labuhanbatu, meliputi jumlah laka lantas dari segi kuantitas menurun 43,75%. Sedang dari segi kualitas (korban meninggal dunia/fatalitas) juga menurun 36,6%.

Tahun 2016 jumlah Laka 272 kasus, korban meninggal dunia 172 orang. Luka berat sebanyak 175 orang dan luka ringan sebanyak 257. Sedangkan kerugian material Rp 1,069 miliar.

Sementara di tahun 2017 dari bulan Januari hingga Agustus, angka laka lantas mencapai 153 kasus. Korban meninggal sebanyak 109 orang, luka berat 83 orang dan luka ringan 129 orang. Kerugian material Rp 570 juta.

“kita terus berupaya menekan angka kecelakaan Lalulintas, baik dengan konsep sosialisasi, serta mendirikan rest Area dan Pos Pam Terpadu di sejumlah titik di Labuhanbatu Raya ini” tutup Sawangin. (red2)

Baca juga : https://www.infoseputarsumut.com/2017/09/20/tangkal-faham-radikal-dandim-0209lb-berikan-materi-wasbang-di-kantor-kemenag/

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here