Hujan Deras, BC Teluk Nibung Amankan Dua Buah Kapal Muatan Balepress

0
846

TANJUNGBALAI.ISSU.COM – 
Walau dalam keadaan hujan deras yang lebat, Tim Patroli Kantor Pangawasan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP-C) Teluk Nibung berhasil melakukan penegahan terhadap dua kapal berbuatan ballpres (Bale).

Hal ini dikatakan H M Syahirul Alim didampingi Kasi P2 Andry Irawan  dan Kasi Kepatutan dam informasi Yossef Andryansyah, Sabtu (14/10). Dikatakannya, mendapat informasi akan ada kapal bermuatan bale yang akan masuk ke perairan Teluk Nibung kota Tanjungbalai, Tim patroli turun melakukan penjagaan diseputar wilayah hukum kerjanya.

Lanjutnya, berbekal laporan dari masyarakat itupula Tim patroli dengan menggunakan kapal speed BC 1508 bergegas sampai di perairan yang diduga akan dilalui oleh kapal bermuatan pakaian bekas atau balepress tersebut.

” Cuaca mendung dan akhirnya hujan deras pun turun pada malam itu, cukup menjadi tantangan Tim dalam melakukan pengamatan pergerakan kapal yang dicurigai, Speed BC 1508 yang hanya berukuran 15 meter pun harus menerjang ombak yang makin tinggi “, Jelasnya.

Sekira pukul 01:00 WIB, Tim belum mendapati adanya penampakan dari kapal yang dicurigai. Sementara cuaca yang tetap menjadi tantangan. Alhasil Tim Patroli kembali menerima informasi adanya kegiatan bongkar muat di tengah laut atau langsir, dengan barang berupa pakaian bekas atau bale dan Kapal BC 1508 bergegas menuju sektor yang diinformasikan, Ungkapnya.

Akhirnya Tim Patroli Laut (Patla) BC Teluk Nibung melihat dua buah kapal dari jarak yang cukup dekat dan dilanjutkan upaya penindakan. Satu kapal berusaha menjauh menghindar, Tim memberi peringatan lisan agar kapal berhenti. Tanpa menghiraukan peringatan petugas, kapal berusaha untuk kabur, BC 1508 mengejar dan terpaksa memberikan tembakan peringatan. Kapal tersebut dapat dihentikan dan didapati dua buah bale serta tujuh orang berada di atas kapal. Jelasnya

Selanjutnya, Kapal  yang akhirnya diketahui bernama KM.CAMAR diduga kapal pelangsir, yang baru sempat melangsir dua buah balepress dan 7 orang kapal camar diatasnya dapat diamankan.

Setelah dapat diamankan, Tim dengan BC 1508 menuju kapal yang berukuran lebih besar dan kondisinya miring, didapati kapal kosong tanpa orang dan beberapa tumpukan balepress sisa langsir, Ucapnya

Jumlah bale sampai dengan berita ini diturunkan belum dapat dipastikan karena belum dilakukan bongkar muatan. Kapal tanpa nama tersebut diduga merupakan kapal utama muatan balapress yang datang dari Malaysia. Dengan kondisi cuaca hujan, kedua kapal tersebut dikawal menuju Dermaga Kanwil DJBC Sumatera Utara di Belawan beserta 7 orang yang didapati di kapal pelangsir, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (Ambo)
Ket Foto : Tim BC Amankan Ballpres (Bale)

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here