Giat Ngopi Bareng Bersama Pemerintah, Samade Labuhanbatu Paparkan Program Kerja.

0
319
PHOTO : Acara Ngopi Bareng Samade Labuhanbatu bersama Pihak Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu. 
Labuhanbatu, issu.com – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Sawitku Masa Depanku (DPD SAMDE) Kabupaten Labuhanbatu Eko Sahputra sampaikan program kerja DPD Samade Labuhanbatu dalam berinovasi menumbuh kembangkan sektor ekonomi kerakyatan dan siap berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah. Hal tersebut ia sampaikan pada acara ngopi bareng bersama rombongan Bupati Labuhanbatu di Coffe Mamak Jln. Bayfas, Desa Sidorukun, Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Jumat (13/3/2020) sore.
Dalam sambutannya Eko memaparkan bahwa saat ini Organisasi SAMADE sedang melaksanakan program peremajaan sawit rakyat (PSR) dan program RSPO yang sangat menguntungkan bagi masyarakat.
Eko juga menambahkan disamping program pokok tersebut, SAMADE saat ini juga melakukan pembinaan kepada kelompok ibu-ibu untuk pembuatan pemanfaatan lidi sawit menjadi produk tenun seperti tas, sepatu dan inovasi kreatif lainnya.
Selain itu, Eko juga menjelaskan bahwa saat ini SAMADE juga sudah melakukan pembinaan kepada masyarakat dalam memanfaatkan tanda kosong (tankos) kelapa sawit menjadi arang bricket yang memiliki tingkat ekonomi lebih tinggi dan dapat dijadikan alternatif sebagai pengganti gas dan juga pemanfaatan tankos menjadi bio plastik, dan lainnya.
“Kami berharap agar pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dibawah kepemimpinan Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT kiranya dapat mendukung kegiatan kami ini. Karena hal ini sesui dengan program Bupati Labuhanbatu untuk selalu melakukan inovasi dalam peningkatkan mutu ekonomi kerakyatan di Kabupaten Labuhanbatu, “Jelas Ketua Samade Labuhanbatu.
Dalam sambutannya Eko juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada Rombongan Bapak Bupati Labuhanbatu yang diwakili oleh Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih,SH.MSi beserta Rombongan.
Mewakili Bupati Labuhanbatu, Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Terpadu Kabupaten Labuhanbatu Faisal Amri Siregar atau akrab di sapa Nanda pada sambutannya menyampaikan Bupati sangat menyambut baik program SAMADE atas program peremajaan Kelapa Sawit dan kegiatan kreatif yang sangat menguntungkan dan membantu masyarakat.
“Kami bersama Bupati Labuhanbatu akan memfasilitasi segala usaha masyarakat ini melalui UKM untuk pemasarannya,” jelas Nanda.
Nanda juga memuji produk tas yang telah dibuat oleh SAMADE sangat bagus walau terbuat dari bahan baku lidi tapi tidak kalah dengan buatan-buatan luar seperti daerah solo dan lainnya. “segala hasil karya ini akan kami paparkan melalui UKM,” ucapnya.
Kepada masyarakat yang hadir Nanda berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan program yang dilakukan SAMADE Labuhanbatu.
“Bapak ibu harus serius untuk mengikuti segala pelatihan-pelatihan agar bapak ibu dapat menambah penghasilan melalui produk karya tangan yang dituntun oleh Samade.  Sawit dan Karet tidak selamanya menjadi primadona, dan kita harus siapkan keahlian-keahlian lain untuk dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, ” jelas Faisal Amri Siregar.
Kadis Perizinan dan Penanaman Modal ini juga menyampaikan agar masyarakat dalam melaksanakan usahanya dapat mengurus perizinannya yaitu SIUP Kecil, dan semuanya akan kita permudah untuk memperlancar usaha masyarakat, tambahnya.
Acara ngopi bareng ini dihadiri oleh Sekdakab Labuhanbatu Ahmad Muflih, SH.MSi, Ketua TP PKK Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi, Kepala Dinas Perizinan Kabupaten Labuhanbatu Faisal Amri Siregar, Ketua Samade Labuhanbatu Eko Sahputra serta Ibu-ibu PKK Desa Sidorukun.
Selain pihak Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dan SAMADE, dalam kesempatan tersebut juga dihadiri Kelompok Pengerajin, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, serta Okp dan Ormas Pemuda Pancasila.
(Indra-red)
Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here