Pargelaran Etnis Simalungun di PSBD Asahan dituding jadikan ajang politik Kampanye

0
550

ASAHAN.ISSU.Com-Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Asahan III tahun 2017 menampilkan tarian etnis Simalungun  dan dihadiri Ketua Umum DPP Partuha Maujana Simalungun (PMS), JR Saragih yang juga Bupati Simalungun, Sabtu malam (29/7/2017).

Pantauan wartawan, Rombongan JR Saragih, disambut hangat oleh Ketua  DPC PMS Asahan, Raja Damanik,dan DPC Partai Demokrat dari  Batubara,Asahan,danTanjungbalai.

Sangat disayangkan acara yang seharusnya untuk menampilkan berbagai kesenian daerah simalungun dilapangan PSBD asahan pada sabtu malam tersebut(29/7)justru diisi dengan pidato pidato politik ajakan Mendukung JR saragih untuk menuju sumut 1.

Sembari nada dikatakan para pengunjung menyebutkan bahwa PSBD kabupaten asahan ini adalah acara Pargelaran seni daerah Bukan untuk Kampanye dulu.

Acara yang dihadiri oleh Ratusan orang dari berbagai daerah itu sempat diwarnai dengan teriakan “huhhhhhhhhhh…huh….’yang menandakan kekecawaan.

“ini pargelaran seni daerah,bukan acara kampanye dulu ….mana pargelaran seni budaya nya,kata para pengunjung kepada wartawan.

Selain itu juga terlihat diacara pargelaran seni Budaya Daerah etnis simalungun ini juga terkesan sebagai panggung politik,dapat dilihat dari pemasangan Baliho Tegak Berdiri bergambar orang Nomor satu dikabupaten Simalungun,yang ada di posisi kir depan panggung dengan tulisan “Semangat Baru Sumut”.

Kegiatan acara Pun dimulai dengan kedatangan JR saragih sekitar pukul.08.00 wib.dan diisi dengan lagu dan tarian,dan didominasi dengan pidato para kader demokrat,Ketua DPRD simalungun Johalim purba,ketua DPC Demokrat Asahan Ilham Harahap dan selanjutnya ketua DPD Demokrat Sumut JR Saragih.

Johalim Purba dipanggung bergebu gebu megajak para ratusan pengunjung dan etnis simalungun untuk ikut menyanyikan lagu Garuda Didadaku”dengan lirik sudah diubah.”JR DidadaKu ,JR Kebanggaan Ku,Ku yakin pasti Menang.

Johalim purba,pada saat bernyanyi yang didampingi dari masing masing ketua DPC batubara,Asahan Ilham Harahap  dan Tanjungbalai Ridwan Ritonga.

Ilham Harahap memimpin ikrar bersama menyatakan sikap bahwa siap mendukung dan memenangkan JR saragih untuk Sumut 1.

Dalam pidatonya,ilham juga meminta maaf atas rangkaian acara ini tersebut,karena sudah mengambil waktu sedikit,yang jelas ini bukan kampanye politik walaupun membawa atribut partai,karena masa kampanye belum dimulai’ungkapnya.

Sementara itu,Permintaan Maaf juga turut disampaikan oleh JR saragih diatas panggung yang juga sebagai ketua Presidium Partuha Simalungun menyebutkan bahwa itu adalah reaksi spontan dari Para Kader Demokrat’.

Usai permohon maaf’JR langsung Mengajak Para Ratusan Pengunjung Untuk Menyanyi,.

Pantauan wartawan ,JR saragih dalam kesempatan tersebut juga Menyapa Pengunjung dan Para Anak anak dan dibagiin Berupa Kue dan Buah Buah dilapangan pergelaran Seni tersebut.

Terkait hal tersebut,Melalui Darwinsyah lubis ,surya menyarankan agar meminta keterangan langsung aja melalui Plt kadis Kominfo’.

kepada wartawan Bupati JR Saragih Berpesan mengatakan, akan terus menjaga dan melestarikan seni budaya etnis Simalungun, serta mengucapkan terima kasih atas antusias masyarakat menyaksikkan seni tari etnis Simalungun tersebut.(saufi sima).

Baca juga : https://www.infoseputarsumut.com/2017/07/30/polda-sumut-launchi%c2%adng-pencanangan-kesel%c2%ada%c2%admatan-untuk-kemanu%c2%adsi%c2%adaan/

Laporan Wartawan Info Seputar Sumut.com-

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here