Sharing is caring

Ket. Photo : Mangem PKS dan Perkebunan PTPN IV Unit Ajamu 1 Bersama Masyarakat Saat Melakukan Giat Penanaman Bibit Ketapang. 

 

Labuhanbatu | Issu.Com – Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah tentang penghijauan dan wujud kepedulian terhadap lingkungan, Management PKS dan Management Perkebunan PTPN IV Unit Ajamu 1 yang berlokasi di Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu menyalurkan bantuan bibit pohon ketapang dan uang ongkos tanam kepada masyarakat yang tinggal di lingkungan dekat perumahan.

Selain itu, penyaluran bantuan berupa puluhan bibit pohon ketapang tersebut juga merupakan langkah kongkrit dari pihak perusahaan dalam menjalin kemitraan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Demikian disampaikan Manager PKS PTPN IV Unit Ajamu 1, Epi Ripson Sianturi kepada awak media saat bertemu diruang kerjanya, Rabu (20/12/2023).

Ia mengatakan, penyaluran bantuan berupa bibit pohon ketapang kepada masyarakat tersebut dilaksanakan pada Selasa tanggal 19 Desember 2023 di Dusun 4, Desa Teluk Sentosa, Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Sumut.

“Saat penyaluran bibit tersebut, kita selaku management pihak PKS beserta management perkebunan juga ikut terjun langsung membatu masyarakat dalam melakukan penanaman bibit itu. Kita juga memberikan sejumlah uang untuk biaya penanamannya,” ucapnya menjelaskan.

Selain untuk penghijauan, sambung E.R Sianturi, penanaman bibit ketapang tersebut juga dilakukan guna mengantisipasi terjadinya erosi atau pengikisan tanah di bantaran anak sungai yang berada di tapal batas antara lahan perusahaan dan pemukiman masyarakat.

“Penanaman dilakukan di bantaran anak sungai yang menjadi batas antara areal perusahaan dan pemukiman warga, selain untuk penghijauan, penanaman bibit ketapang itu juga dilakukan dengan tujuan menjaga agar tidak terjadinya erosi dan menambah keasrian pada bantaran sungai,” Imbuhnya lagi.

Hal senada juga diungkapkan oleh Manager Perkebunan PTPN IV Unit Ajamu 1 Sihol Solitonga. Ia mengatakan hingga saat ini sudah sangat banyak jenis bantuan yang mereka salurkan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dan juga sebagai bentuk pelaksanaan program bina lingkungan.

“Sudah banyak bantuan yang kita salurkan kemasan bang, ini merupakan bentuk kepedulian kami selaku management perusahaan kepada masyarakat yang tinggal didekat lingkungan perusahaan serta sebagai sarana membangun silahturami kepada masyarakat. Kami juga siap menerima aspirasi dari masyarakat demi terwujudnya kemitraan yang berkesinambungan,” ujarnya Sihol Solitonga saat ditemui awak media di lokasi perkebunan.

Informasi dihimpun, dalam giat penanaman bibit pohon ketapang tersebut juga dihadiri oleh tokoh pemuda Panai Hulu, Edi Syahputra Ritonga bersama rekan-rekannya. Dikesempatan itu, Bung Edi Cs juga ikut terjun langsung dalam melakukan giat penanaman yang disaksikan pihak management perusahaan dan perwakilan pemerintah desa.

“Mewakili masyarakat, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan yang telah menunaikan kewajibannya dalam hal menjaga kelestarian lingkungan di seputaran perusahaan, kami berharap giat positif seperti ini tidak berhenti sampai di sini saja dan bisa berjalan secara berkesinambungan,” Papar Edi Syahputra Ritonga ketika dihubungi via handphone selulernya. (Indra-Red)

 

Editor : Redaksi.

Print Friendly, PDF & Email