Dandim 0209/LB Sempat Menangis Lihat Kondisi Desa Cinta Makmur

0
151

PANAI HULU, issu.com – Pasca suksesnya realisasi pengerjaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di Desa Cinta Makmur Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu – Sumatera Utara, dipastikan harga jual lahan/tanah yang berada di desa sekitar mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

“Saya sudah dapat laporan, akibat TMMD yang telah dilaksanakan, harga tanah sudah naik, ekonomi masyarakat juga semakin bagus,” ujar Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, pada acara perpisahan Kodim 0209/LB bersama Pemerintahan dan masyarakat Desa Cinta Makmur, yang diselenggarakan di Joglo Lesehan Dusun VI Desa setempat, Selasa (13/8/2019).

Menyikapi kegiatan yang diprakarsai Kepala Desa ini, Dandim menguraikan, bahwa konsentrasi pihaknya tidak akan terputus setelah berakhirnya program TMMD tersebut, melainkan akan diteruskan melalui konsep kemanunggalan TNI lainnya.

“Kami dari Kodim 0209/LB menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan perpisahan yang sebenarnya,saya pastikan Babinsa akan tetap ada disini, persaudaraan akan terus terjalin sampai kapanpun. Saya sangat bersyukur dan sangat bergembira, pak Kades dan Kadus sangat mendukung, dan saya harap seluruh fasilitas yang telah dikerjakan lewat TMMD dapat dirawat, dijaga agar bisa tetap bermanfaat bagi masyarakat,” sebut Dandim.

Lebih jauh, Letkol Inf Santoso mengisahkan, sejak semula meninjau Desa Cinta Makmur, dirinya sempat menitikkan air mata karena melihat kondisi jalan yang rusak, rumah warga yang tidak laik huni, serta belum terpenuhinya pembangunan mental dan wawasan kebangsaan di masyarakat.

“Pertama kali sejak datang kemari, dari awal saya melihat kondisi rumah, MCK, dan jalan. Keluar dari situ saya menangis, koq masih ada rumah masyarakat yang tidak laik huni, maka dari itu saya bertekad untuk merubah situasinya. Selama pengerjaan, seingat saya, hanya 4 hari saya absen kesini, saya terus pantau dan awasi agar pengerjaannya selesai tepat waktu hingga segera dapat dimanfaatkan,” urai Dandim.

Pada proses pelaksanaan, Letkol Inf Santoso, juga mengucapkan terimakasih kepada warga yang telah ikhlas menerima seluruh Satuan Tugas (Satgas) TMMD dalam merealisasikan tupoksinya, dan senantiasa dianggap menjadi bahagian dari masyarakat.

“Saya kagum, kita sudah diterima di masyarakat bukan hanya sebagai personil TNI, tapi sudah seperti keluarga, sahabat dan saudara, terimakasih kami ucapkan,” cetus Dandim, seraya merapatkan kedua telapak tangannya sebagai isyarat rasa bangga yang mendalam.

Sementara itu, Kepala Desa Cinta Makmur Ego Wiharno, mengemukakan ungkapan kepuasan yang tak terhingga karena adanya program TMMD Ke-105 ini. Pihaknya bersama seluruh lapisan masyarakat, juga telah merasa kehilangan dan akan tetap merindukan sosok prajurit yang pernah ‘tinggal’ di kehidupan mereka.

“Kita sangat merasa puas dengan jerih payah yang dilakukan Kodim 0209/LB, kami mengucapkan ribuan terimakasih yang tidak terhingga. Selama pengerjaan, tidak ada satupun aparat pemerintahan yang tersakiti, dan seluruh satgas yang telah tinggal di desa kami ini, tidak ada warga kami yang tersakiti, kami bahkan merindukan mereka bisa kembali kesini. Kami harap silaturahmi tetap terjalin kedepan,” bilang Kades.

Kegiatan berlangsung penuh keakraban dengan diwarnai makan nasi tumpeng bersama seluruh komponen Desa. Tampak turut, Kasdim 0209/LB Mayor Inf Ertiko Cholifa SH,S.Pd, Pasiter Kapten Inf Bahdi Siagian, Danramil 09/NL Kapten Inf W Rajagukguk, serta sejumlah personil lainnya.

( bede | soe | ic )

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here