Bupati Labusel Hadiri Pelantikan 54 PPL se-Kab Labuhanbatu Selatan

0
392

 

LABUHANBATU.ISSU.COM –

Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Labusel resmi melantik dan mengambil sumpah/janji dari 54 Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) di tiap-tiap Kelurahan dan Desa-Desa yang ada di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.Pada kegiatan yang digelar di Hotel Grand Suma Blok Songo, Desa Sisumut, Kecamatan Kotapinang, Kamis (18/1/2018) sore, dilanjutkan dengan bimbingan teknis kepada Pengawas Pemilihan Lapangan.

Acara pelantikan tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keterangan pengambilan sumpah dan janji oleh pengurus Panwascam di Kecamatan masing-masing.

 

Salah satu Ketua Panwascam, dari Kecamatan Kampung Rakyat, Muhammad dalam kata sambutannya mengucapkan selamat kepada anggota PPL dari kelurahan dan desa-desa yang baru saja dilantik yang turut dihadiri Bupati Labusel, Wildan.

 

Salah satu pengurus Panwaslih Labusel, Mahrijal meminta agar para anggota yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik.

“Pilkada Tahun ini, semua Partai Politik akan memaksimalkan strateginya untuk memenangkan pilihannya, sehingga kerawanan kecurangan akan cukup tinggi. Jadi, saya mengucapkan terima kasih kepada Panwascam Kotapinang, Torgamba, Kampung Rakyat, Silangkitang dan Sungai Kanan, sesuai amanat Undang-undang, hari ini Panwascam diberi mandat untuk membentuk PPL dalam mengerjakan tugas dan fungsinya melantik dan menetapkan anggota PPL melalui penjaringan seleksi dan proses di Kecamatan masing-masing,” jelas Mahrijal.

 

Ketua KPU Labusel Sumarno dalam kesempatan tersebut juga mengucapkan ucapan selamat bagi anggota PPL yang baru dilantik.

 

“Dalam hal ini saya mengharapkan rekan-rekan sebagai pengawas lapangan agar proaktif turut serta mengawasi petugas yang kita pilih. Petugas PPDP atau petugas pengambilan data yang akan berkunjung ke setiap rumah untuk mendata menjadi peserta pemilih untuk tanggal 27 nanti. Jadi kirannya, kita sama-sama proaktif untuk mengingatkan masyarakat, baik yang belum mempunyai e-KTP, agar kiranya sama-sama mengingatkan masyarakat untuk merekam e-KTP, sehingga persyaratan untuk menjadi pemilih yang akan datang (dapat sesuai dengan yang kita harapkan),” pinta Sumarno.

 

Bupati Labusel Wildan Aswan Tanjung dalam sambutannya mengatakan, PPL merupakan salah satu komponen terkait penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2018, yang juga memiliki peranan yang sangat penting atau juga strategis dalam hal mensukseskan Pemilihan Umum. Karena dengan terbentuknya PPL ini, diharapkan mampu melaksanakan tugas untuk meminimalisir tiap bentuk kemungkinan yang terjadi pelanggaran pada setiap tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum pada saat kampanye dan pemilihan berlangsung yang rawan menimbulkan kecurangan.

 

“Untuk itulah, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) melaksanakan tugas melakukan pengawasan terhadap jalannya rangkaian proses Pemilihan Umum agar dapat berlangsung dengan aman, lancar, dan sukses sesuai dengan harapan kita bersama,” terang Wildan.

 

Wildan berpesan kepada PPL se-Labusel yang baru dilantik, untuk melaksanakan tugas yang telah diberikan dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan wewenang pengawasan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur.

 

Apalagi, imbuh Wilda, pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut Tahun 2018 sudah semakin dekat. Makanya diperlukan kerja keras dan diharapkan semuanya dapat berkerja sama dengan semua pihak komponen terkait agar terselenggaranya Pemilihan Umum yang sukses, aman dan damai di bumi Santun Berkata Bijak Berkarya ini.

 

Pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji PPL tersebut turut dihadiri Asisten 1 Kab. Labusel, Kakesbangpol Kab. Labusel, Kapolsek se Kab. Labusel, Unsur Muspika, Danramil Kotapinang, seluruh Camat se-Labusel, Lurah, seluruh Kades se Kab. Labusel dan insan pers.

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here