Bupati Labuhanbatu Lepas Eksport Perdana Minyak Goreng PT LTS ke Cina.

0
669

 

Labuhanbatu, issu.com – Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT hadiri giat akselerasi ekspor perdana komoditi minyak sawit milik PT Lingga Tiga Sawit (PT. LTS) . Bupati Labuhanbatu melepas secara langsung puluhan kontainer bahan minyak sawit dan produk turunannya di Pabrik PT LTS, Desa Lingga Tiga, Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (22/7/2020) pagi.
Pelepasan puluhan Kontainer berisi 510 ton bahan eksport minyak sawit berupa Palm Fatty Acid Distillate yang akan dikirim ke Hangzhou, Cina senilai Rp. 4,1 miliar itu dilepas dengan ditandai pengguntingan pita dan pemecahan kendi yang dilakukan langsung oleh Bupati Labuhanbatu.
Terungkap, rencana berdirinya industri berskala eksport tersebut sudah jauh sebelumnya di upayakan pelaksanaannya oleh PT.LTS, namun terhambat, karena langkah tersebut membutuhkan peran dan dukungan dari Kepala Daerah. Hal itu menjadi salah satu faktor yang mempengaruhinya.
Di masa kepemimpinan Andi Suhaimi sebagai Bupati Labuhanbatu, langkah PT LTS tersebut akhirnya berjalan, tentunya dengan bargening agar perusahaan dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Labuhanbatu terkhusus di wilayah sekitar Pabrik.
Andi Suhaimi menilai, langkah tersebut sangat efektif dalam membantu meningkatkan kemandirian ekonomi Labuhanbatu, selain nantinya bisa sebagai leading sektor pelaku usaha pertanian kelapa sawit yang menjamur di Labuhanbatu.
“Datang ke ruangan saya, Pimpinan PT.LTS bersama Humas, H Mas Ulong, merencanakan pembangunan pabrik minyak makan beserta produk turunannya. Ini potensi yang baik untuk Labuhanbatu, saya dukung dan bantu perijinannya bahkan konflik yang terjadi dengan masyarakat saya bantu memprakarsai agar terselesaikan,” kata Bupati Labuhanbatu, saat menyampaikan kata sambutan.
Bupati juga mengatakan bahwa saat itu dirinya juga meminta agar kelak nama dari produk minyak makan tersebut di beri nama yang khusus dan menjadi salah satu icon di Kabupaten Labuhanbatu.
“Satu yang saya minta selain serapan tenaga kerja lokal, nama minyak goreng yang di produksi harus pemerintah bersama tokoh yang memberi, misalkan Minyak Goreng Labuhanbatu, atau apalah nanti yang menjadi khas dan icon Labuhanbatu,” sebutnya, disambut tepuk tangan riuh warga dan tamu yang berhadir.
Kegiatan perdana pelepasan bahan eksport tersebut mendapat apresiasi dari Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Tanjung Balai Asahan, Drh Bukhori.
Selain itu, Bukhari juga bermohon dan meminta agar Bupati Labuhanbatu dapat juga mensuport jika ada eksportir lain yang hendak ikuti langkah PT LTS dengan sikap siap membantu mencari tujuan eksport.
“Kami apresiasi langkah PT LTS dan kami bermohon kiranya Bapak Bupati juga ikut mensuport jika ada eksportir lain. Kami dari pihak Balai siap membantu mencarikan tujuan ekspor nya,” kata Bukhori.
Selain acara pelepasan eksport bahan komoditi minyak sawit dan turunannya tersebut, kegiatan juga dirangkaikan dengan pemberian bantuan kepada anak yatim berasal dari seputaran wilayah pabrik PT.LTS.
Dalam acara tersebut juga hadiri, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu, H.M Arsyad Rangkuti, Tokoh Masyarakat, Ormas serta masyarakat di sekitar lokasi pabrik.  (ID-Red) 
Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here