Sharing is caring

Giat Penyerahan Bantuan Dana CSR PTPN IV Kepada Management BUMDes Tunas Mekar Desa Afd II Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumut. (foto:Istimewa

 

Labuhanbatu | Issu.Com – Kemajuan BUMDesa Tunas Mekar Desa Afdeling II dalam pengelolaan manajemennya akhirnya berbuah manis, selain meraih prestasi sebagai BUMDesa terbaik se Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2003 dan masuk nominasi 10 besar BUMDesa terbaik se provinsi Sumatera Utara tahun 2023.

Tak hanya itu, karena dinilai memiliki perkembangan yang sangat baik dan bermanfaat bagi peningkatan perekonomian desa dan masyarakat, akhirnya BUMDesa Tunas Mekar dianggap layak sebagai penerima manfaat bantuan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PTPN IV.

Seperti diungkapkan Direksi PTPN IV melalui General Manager (GM) PTPN IV Unit II Agustian Harianto dalam giat penyerahan bantuan dana CSR PTPN IV ke BUMDesa Tunas Mekar, Rabu (2/8/2023).

Dalam sambutannya ia mengatakan, dalam memberikan bantuan ke BUMDesa Tunas Mekar pihaknya akan berfokus dari hasil survei langsung oleh Team PTPN IV. “Survei itu meliputi tentang perkembangan usaha, manfaat bagi desa dan dampak perekonomian dari masyarakat,” katanya.

Agustian Harianto juga mengatakan pemberian bantuan dana CSR kepada BUMDesa Tunas Mekar, adalah sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat, diberikan atas dasar permohonan yang diajukan oleh BUMDesa Tunas Mekar.

“Dari hasil survei tesebut mendapatkan satu kesimpulan perkembangan BUMDesa ini cukup signifikan, sangat wajar untuk disupport dan diberi bantuan sehingga BUMDesa ini kedepan bisa terus tumbuh dan berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat banyak,” Imbuhnya menjelaskan.

“Artinya CSR yang kami salurkan sudah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) serta sistim management International Standardization Organization (ISO) – 26000 tentang Corporate Social Responsibility (CSR) yang diterapkan di PTPN IV, dan semoga dapat dimanfaatkan untuk kemajuan BUMDesa Tunas Mekar ” Papar Agustian mengakhiri.

Dikesempatan itu, Direktur BUMDesa Tunas Mekar Siswanto Bangun juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak PTPN IV yang telah memberikan kepercayaannya berbentuk bantuan dana CSR kepada badan usaha yang dipimpinnya.

“Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Direktur PTPN IV dan semua unsur management PTPN IV khususnya Distrik IV, yang sudah memiliki kepedulian dan perhatian kepada masyarakat Desa Afdeling II dengan memberikan bantuan CSR kepada BUMDesa Tunas Mekar, dan bantuan ini sangat bermanfaat sekali bagi kami guna mengembangkan usaha BUMDesa,” Ucapnya.

Dijelaskannya, aset awal BUMDesa Tunas Mekar adalah senilai Rp 932 juta, dan saat ini belum genap setahun sudah berjumlah kurang lebih Rp. 1,5 Miliyar. “Ada kenaikan kurang lebih sebespar Rp 500 Juta selama 11 bulan,” katanya.

“Sedangkan masyarakat yang kami berdayakan sebagai tenaga kerja dan sebagai mitra usaha berjumlah 16 orang yang bergerak dibidang berjualan aneka jenis makanan diwarung kuliner kita,” Sambung Siswanto Bangun atau yang akrab disapa Anto Bangun itu.

Dirinya juga mengatakan, untuk pengembangan usaha saat ini pihaknya sedang berusaha menjadikan BUMDesa sebagai salah satu rekanan di PTPN III. “Dokumen sudah kami serahkan dan sedang dilakukan verifikasi oleh managemen PTPN III kantor operasional Medan,” katanya lagi.

Anto Bangun juga menjelaskan, saat ini dirinya sedang rencana menyusun regulasi rencana usaha berikutnya, yakni pembangunan penginapan, dengan estimasi biaya pembangunan mencapai Rp. 1 Miliyar.

“Demi terwujudnya pembangunan penginapan ini kami berharap ada perhatian dari pemerintah pusat utamanya dari Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan para stakeholder,” Tukasnya seraya berharap.

Kepada awak media Anto Bangun juga mengatakan bahwa pengelolaan usaha BUMDesa Tunas Mekar hingga hari ini dikelola secara terbuka dan semua masyarakat yang ingin mendapatkan informasi tentang pengelolaan BUMDesa baik perkembangan serta kondisi keuangan setiap saat kami layani dan berikan informasinya.

“Dan kami setiap saat juga siap untuk diaudit oleh pengawas BUMDesa juga audit dari pemerintah yang dilakukan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Labuhanbatu,” Ujarnya menegaskan.

“Di BUMDesa ini tidak ada yang fiktif, serta tidak ada yang di rekayasa. Bantuan CSR yang kami terima hari ini dari PTPN IV bukti komitmen perusahaan dalam membantu peningkatan perekonomian dan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.” Tegas Anto Bangun mengakhiri.

Sebagai Tenaga Ahli (TA) dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Teransmigrasi (Kemendes PDTT) untuk wilayah Kabupaten Labuhanbatu, dalam kata sambutannya Taufik Umri mengatakan, sebagai perwakilan Kemendes PDTT Kabupaten Labuhanbatu pihaknya sangat mengapresiasi terhadap kegiatan pemberian bantuan dana dari PTPN IV dalam bentuk CSR ini.

“Kami bangga kepada seluruh pengelola BUMDes Tunas Mekar Desa Afdeling II karena sudah maksimal berperan dalam mengembangkan BUMDes,” Ucapnya.

Semenjak BUMDes ini bergerak, sambung Taufik, BUMDesa Tunas Mekar sudah banyak menyerap tenaga kerja yang berasal dari desa setempat, tentu hal ini berdampak terhadap kurangnya tingkat pengangguran di desa serta perputaran ekonomi juga terus bergerak kearah yang lebih baik.

Kedepan kita menaruh harapan lebih besar lagi kepada BUMDes Tunas Mekar untuk menjadi “role Model” untuk BUMDes di Kabupaten labuhanbatu bahkan BUMDes yang ada di Sumatera Utara, karena baru satu-satunya BUMDes yang menerima bantuan CSR.

Dan kita harus bangga dengan direktur BUMDes tunas Mekar bapak Anto Bangun, diusia yg tidak muda lagi masih memberikan dedikasi dan mencurahkan pikiran, tenaga bahkan biaya untuk berkebangnya BUMDes kearah yang lebih baik.

“Ya, BUMDes kedepan memang harus diurus oleh orang-orang yg tepat dan punya kemauan yg tinggi. The right man on the right place (orang yg tepat di tempat yg tepat) kiranya cocok kita sematkan kepada pak Anto Bangun” Ujar Taufik Umri mengakhiri sambutannya.

Ditempat yang sama, Muhammad Siddik yang merupakan GM PTPN III DLAB3 saat dimintai memberikan kata sambutan oleh pengurus BUMDesa mengatakan, BUMDesa Tunas Mekar Desa Afdeling II, berada di wilayah kerja PTPN III Kebun Rantauprapat yang mayoritas masyarakatnya adalah karyawan PTPN III KRPPT.

Dikatakannya, kepemilikan BUMDesa Afdeling II adalah karyawan PTPN III KRPPT, sedangkan PTPN III dengan PTPN IV masih dalam satu kesatuan PTPN III Holding dan pemberian bantuan CSR ini tidak terlepas dari peranan Direktur Uama PTPN III Holding didalam perananannya membantu masyarakat lingkungan.

“Kami sangat mengapresiasi kinerja BUMDesa Tunas Mskar Desa Afdeling II, dimana sampai dengan ini kami lihat perkembangannya sangat positif, kita harapkan bisa terus maju tumbuh dan berkembang menjadi sebuah perusahaan yang besar dan memiliki daya saing ” Ujar M Siddik singkat. (Id-Red)

 

Editor : Indra Dharma

 

Print Friendly, PDF & Email