Buka Acara Sarasehan Kampung KB, Ketua TP PKK Labuhanbatu Sampaikan Materi Kesehatan Ibu, Bayi Dan Anak.

0
345
Labuhanbatu.issu.com – Bertempat di Lapangan Dusun Sukaramai, Desa Tebing Linggahara, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi didampingi Kepala BP2KB Hj. Lidiyawati Harahap, S,Psi, M.AP membuka acara Sarasehan Kampung KB sekaligus memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang kesehatan ibu, bayi dan anak. Senin (10/02/2020)
Dalam sambutannya Ketua TP PKK Labuhanbatu menyampaikan “Hari ini dilaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan ibu,bayi,dan anak, yang bertujuan memberikan pemahaman kepada orang tua untuk mempersiapkan hal-hal berkaitan dengan perkawinan, pengasuhan anak dan tumbuh kembang anaknya,”.
“Membangun keluarga merupakan awal lahirnya generasi mendatang. Keluarga merupakan tempat untuk mendidik dan membentuk watak, moral serta melatih kebersamaan antar kehidupan bermasyarakat. Ujar Hj. Rosmanidar mengawali materinya.
Lebih lanjut dijelaskannya bahwa periode anak usia 0-5 tahun merupakan periode paling kritis dalam menentukan kwalitas hidup anak dimasa  yang akan datang karena menyangkut proses tumbuh kembang anak. Karena dimasa tersebut merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan aspek-aspek dalam diri anak secara fisik, emosional, sosial dan pengetahuan intelektualnya.
Hj. Rosmanidar juga menyampaikan tentang keluarga berkualitas yang merupakan dambaan semua orang tua. Akan tetapi dibutuhkan ketahanan keluarga di mana masing-masing anggota keluarga mampu dan dapat melaksanakan 8 fungsi keluarga yaitu fungsi agama, social, budaya, cinta, kasih, perlindungan reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi serta fungsi pembinaan lingkungan.delapan fungsi keluarga ini dijadikan dasar dalam pengembangan kampung KB melalui Pokja kampung KB.
“Dari itu marilah bersama-sama ciptakan lingkungan yang aman, dan nyaman sehingga tumbuh kembang anak akan optimal. Berilah dan Bekali anak dengan nilai-nilai agama dan akhlak yang baik sehingga bisa menghindari pengaruh lingkungan yang negatif,” tutup istri Bupati Labuhanbatu yang akrab disapa Bunda tersebut.
Sebagai panitia pelaksana kegiatan, Kepala Dinas BP2KB Labuhanbatu Hj.Lidiyawati Harahap, S,Psi,M.AP dalam laporannya menyampaikan bahwa terselenggaranya acara ini merupakan bentuk kerjasama lintas sektor yang terdiri dari dinas P2KB, Dinas P3A, Kesehatan dan PKK.
“Melalui Sarasehan ini warga Kampung KB, Desa Tebing Linggahara Baru, Kecamatan Bilah Barat dapat berdialog langsung kepada Pemkab Labuhanbatu tentang perkembangan Kampung KB dan berbagai pembangunan lainnya,” ujarnya.
“Kerjasama ini haruslah terus terjaga, peran dari ke empat elemen ini sangat di butuhkan untuk proses keberhasilan meningkatkan sumberdaya manusia dan laju pertumbuhan pembangunan daerah,” ucap Lidyawati.
Dalam acara Sarasehan Kampung KB tersebut turut hadir Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT, Ketua TP.PKK Hj.Rosmanidar Hasibuan, beberapa OPD, Camat Bilah Barat, Kepala Desa, Kader PKK, Kelompok Pokja, dan ratusan masyarakat setempat.
Pada dlacara tersebut Bupati Labuhanbatu juga memberikan vit A bagi Balita dan PMT serta Tablet penambah darah. Selain itu, Bupati Labuhanbatu juga menyerahkan Kartu Indonesia Anak (KIA) serta bantuan Mesin Jahit, Kompor Gas, Mesin Rumput kepada Kampung KB, serta memberikan mukena kepada 2 Mesjid.
Acara itu pun dirangkai dengan perlombaan kuis, pertunjukan pelopor dan pelapor dari forum anak daerah Kabupaten Labuhanbatu dan di lanjut makan siang bersama.
(Indra-red)
Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here