Antisipasi Keselamatan di Laut, ini yang Dilakukan Danlanal TBA

0
668

 

TANJUNGBALAI, ISSU.com-

Kelaiklautan Kapal, track pelayaran dan kelengkapan dokumen merupakan keharusan yang difahami dan dilengkapi oleh pemilik kapal, Nahkoda dan Nelayan pukat tarik, sebagai pedoman dalam Keselamatan Pelayaran.

Demikian disampaikan Danlanal TBA Letkol Laut(P) Bagus Badari Amarilah, saat pelaksanaan Sosialisasi Program Peduli Keselamatan Pelayaran Koarmabar secara serentak di wilayah Maritim Tanjungbalai-Asahan. Senin (6/11/2017).

Selain itu, Jelas Bagus, seluruh pelaku perairan harus selalu memperhatikan keselamatan Navkom, jeli terhadap keadaan cuaca pada saat melaksanakan pelayaran, tersedianya alat keselamatan diri, serta mencatat nomor darurat dari Basarnas dan Pangkalan TNI AL terdekat, agar dapat menjadi jalur komunikasi ketika dibutuhkan. 

“Sosialisasi ini bertujuan untuk menciptakan keselamatan dalam pelayaran, masih banyak pemilik kapal, Nahkoda dan nelayan yang belum memahami dan melengkapi syarat-syarat kepatutan dalam berlayar” ujar Letkol Laut (P) Bagus Badari Amarilah.

Sosialisasi secara serentak itu, juga dilaksanakan di tiga lokasi lainnya yakni, Posal Tanjung Tiram dengan agenda program peduli keselamatan kepada masyarakat dan nelayan yang digelar di Aula kantor Kades Bandar Rahmad.

Kemudian, ditempat lain yakni, Posal Bagan Asahan, turut melaksanakan Sosialisasi Program Peduli Keselamat Pelayaran Koarmabar, kepada Nelayan di wilayah Bagan Asahan dengan memberikan materi tambahan berupa penyediaan alat keselamatan (rompi pelampung & kotak P3K).

Selanjutnya, Posal Sei Berombang, juga  melaksanakan Sosialisasi Program Peduli Keselamatan Pelayaran kepada Nelayan di wilayah Sei Berombang, Labuhanbatu.

“Semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, sistem pelayaran diwilayah perairan Tanjungbalai-Asahan dapat terkoordinir dan tidak didapati kecelakaan laut, serta mampu mempersempit ruang gerak kejahatan penyelundupan” Harap Danlanal.

Kegiatan itu, tampak dihadiri oleh Palaksa Lanal TBA, Pasops, Paspotmar, Pauridik, KPLP Tanjungbalai, Kapos Basarnas TBA, dan berjalan dengan lancar serta mendapat sambutan yang positif dari masyarakat nelayan setempat. (red2)

Baca juga :https://www.infoseputarsumut.com/2017/11/06/lagi-asyik-diatas-becakulong-diringkus-polisi/

Print Friendly, PDF & Email

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here