Sharing is caring

Labuhanbatu | Issu.Com – Haji Boster Sitio terpilih aklamasi sebagai ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Labuhanbatu dalam gelaran Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) KONI Labuhanbatu yang digelar di Hall Room Hotel Permat


Ket. Photo : Musorkablub KONI Kabupaten Labuhanbatu, di Hall Room Hotel Permata Land Rantauprapat

Menurut keterangan panitia, terpilihnya Boster Sitio secara aklamasi dalam Musorkablub KONI Labuhanbatu dikarenakan hanya ada dirinya yang melakukan pendaftaran sebagian bakal calon ketua.

“Karena hingga akhir proses penjaringan bakal calon ketua umum hanya ada beliau yang mendaftar ke panitia pada Februari yang lalu, makanya dalam musyawarah ini Haji Boster Sitio terpilih aklamasi,” kata ketua panitia, Tunas Simamora didampingi ketua pengarah, Hendra Tanaka, dan sekretaris H Zaidi, seusai musyawarah.

Dirinya juga menambahkan, dalam pelaksanaan musyawarah, seluruh peserta setuju pemilihan secara aklamasi karena calon ketua tunggal dan didukung 20 cabang olahraga (Cabor) yang memiliki hak suara dalam musyawarah tersebut.

Tadi, calon ketua umum diberikan waktu untuk menyampaikan visi dan misinya untuk mengembangkan pembinaan dan prestasi olahraga di Kabupaten Labuhanbatu kedepannya.

“Karena calon ketumnya tunggal, maka calon tunggal terpilih secara otomatis, dan kemudian ditetapkan oleh pimpinan sidang, dalam keputusan nomor Kep-04/Musorkablub/KONI-LB/IV/2024 tentang pengesahan calon ketua terpilih,” jelasnya menambahkan.

Tunas Simamora juga menyebutka bahwa Musorkablub ini berawal dari adanya mosi tidak percaya yang disampaikan oleh 28 Cabor terhadap ketua. Sehingga pengurus menunjuk dan memberi mandat panitia.

Dalam bimbingan dan arahan yang disampaikan Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi KONI Sumut, Sakiruddin MM, dikatakannya bahwa Musorkablub KONI Labuhanbatu telah dipersiapkan mulai Desember 2023 yang lalu, dan baru ini terlaksana.

“Kenapa terjadi Musorkablub berarti karena ada masalah. Sehingga kami sarankan ketua terpilih untuk merangkul seluruh Cabor yang ada di Kabupaten Labuhanbatu,” sebutnya.

Menurut Sakiruddin, dalam organisasi KONI yang paling berat bukan pertanggungjawaban ke inspektorat, tetapi pertanggungjawaban kepada anggota.

“Ketua terpilih, camkan ini. Setelah pelantikan laksanakan rapat kerja dan sahkan hasilnya. Dalam rapat kerja, disahkan program-program Cabor. Sehingga kalau ada usulan dana di luar program, bisa ditolak. Yang bikin gaduh, karena tidak ada pengesahan program dan Cabor asal ajukan proposal,” sebutnya.

Ketua terpilih kemudian memilih 2 formateur, untuk membantu menyusun kepengurusan. Penyusunan pengurus paling lama 30 hari setelah musyawarah disampaikan ke KONI Sumut untuk kemudian di-SK-kan, dan ditetapkan pimpinan sidang.

Sebelum menutup Musorkablub, ia juga menyarankan agar pengurus Cabor kabupaten untuk membina olahraga di kecamatan, karena bibit-bibit atlet ada di desa dan kecamatan.

Sementara itu, sebagai ketua terpilih, H Boster Sitio menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh hadirin dan peserta dari Cabor-cabor yang telah mendukung dan memberi kepercayaan terhadap dirinya sebagai Ketua KONI Kabupaten Labuhanbatu.

“Saya mengajak seluruh Cabor yang ada di Kabupaten Labuhanbatu, mari kita bekerjasama agar KONI bisa lebih baik dan terus mendorong prestasi olahraga sehingga atlet-atlet kita bisa bersaing hingga kancah nasional,” ajaknya.

Boster menyadari belum begitu paham dalam organisasi ini, sehingga ia membutuhkan kerjasama yang baik dengan pengurus dan seluruh Cabor.

“Jangan jerumuskan saya. Tetapi mari kita saling mendukung dan bekerjasama agar prestasi olahraga kita bisa lebih baik dari sebelumnya,” ajaknya lagi.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada pengurus KONI Sumut yang hadir dan dapat mengarahkan Musorkablub ini sehingga berlangsung dengan lancar dan baik. “Saya sebagai ketua terpilih juga berharap bimbingan dan arahan selanjutnya dari KONI Sumut,” sebutnya.

Amatan dilokasi, Musorkablub tersebut dihadiri oleh sejumlah pengurus KONI Sumut, pimpinan DPRD Kabupaten Labuhanbatu, perwakilan dari Polres Labuhanbatu dan perwakilan Kodim 0209/LB.

 

Reporter : Erine Indri Yani
Editor : Redaksi

Print Friendly, PDF & Email